3 Tips Mempersiapkan Dana Pensiun di Masa Muda

uang-elektronik
Uang Elektronik

Usia muda, selain untuk mencari identitas diri, ada baiknya Anda ingat bahwa tak selamanya Anda bisa produktif. Saat muda kita memang punya banyak waktu dan tenaga untuk melakukan berbagai pekerjaan demi mencari penghasilan sebanyak-banyaknya. Namun, ada baiknya masa muda juga dimanfaatkan untuk mengumpulkan dana pensiun.

Berikut 4 Tips Kelola Uang untuk Dana Pensiun berikut ini yang bisa Anda coba :

1. Paksakan diri Anda untuk Menabung dan Berinvestasi

Banyak kasus gaji itu hanya bertahan sampai pertengahan bulan saja. Memang, senang sekali rasanya saat Anda menerima gaji di awal bulan. Namun ingat, nominal gaji tersebut juga harus disisihkan untuk kebutuhan hidup, baik yang rutin seperti membayar cicilan, membayar asuransi atau biaya hidup lainnya yang juga termasuk dalam rencana keuangan Anda. Mulai sekarang, jangan lupa juga untuk menyisihkan gaji demi menabung dan berinvestasi. Menabung memang susah saat Anda masih muda, namun cobalah untuk menjadikannya prioritas setelah memenuhi kebutuhan utama demi memenuhi dana pensiun anda.

2. Buat Rencana Keuangan, Kontrol Pengeluaran Secara Efektif

Rencana keuangan sebenarnya cukup sederhana, hanya memuat pendapatan dan pengeluaran serta proyeksi nominal harta yang ingin diraih dalam suatu periode. Bisa dibuat dalam bentuk jangka pendek 1 tahun, jangka menengah 5 tahun maupun jangka panjang di atas 10 tahun. Apapun bentuknya, hal pertama yang harus dilakukan adalah Buatlah Rincian Biaya Pengeluaran untuk menetapkan dana pensiun yang akan Anda raih tiap bulannya.

3. Jangan Menunggu Rencana Sempurna, Harus Dimulai dari Sekarang!

Ada tipe orang yang sangat jago dalam membuat rencana, namun tak kunjung dikerjakan.  Kebiasaan untuk berhemat dan menabung akan sulit tercapai kalau kita terus menunda untuk melakukannya. Jangan terlalu berangan-angan dengan rencana tanpa eksekusi. Alangkah baiknya kalau kebiasaan menabung dimulai sesegera mungkin. Jika terasa sulit dilakukan, mintalah bantuan dari pihak perencana keuangan atau orang-orang yang sudah berpengalaman mengatur keuangan untuk membantu kita melakukan penghematan. Perencana keuangan sebenarnya paling mudah masuk dalam mindset Anda jika berasal dari teman atau keluarga sendiri. Setidaknya, sisakan 3% hingga 10% penghasilan yang ditabung setiap bulan untuk persiapan dana pensiun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *