4 Tips Investasi Bitcoin untuk Pemula

uang-elektronik
Uang Elektronik

Keuntungan investasi Bitcoin memang sangat menggiurkan. Tapi, sebelum kamu terjun ke investasi ini, ada baiknya kamu mengetahui seluk beluknya agar bisa mengantisipasi apabila ada kemungkinan terburuk terjadi. Di Indonesia, keberadaan Bitcoin belum diakui secara resmi. Bank Indonesia masih mengkaji lagi keberadaan salah satu jenis cryptocurrency ini. Tapi, hal itu tidak menjadi halangan untuk kamu melakukan investasi bitcoin. Bagi kamu yang masih pemula dalam investasi Bitcoin, berikut ada 5 tips yang patut kamu coba :

Jangan Investasi Terlalu Besar

Karena harganya yang selangit dan fluktuasi nilainya yang sangat liar, ada baiknya kamu tidak terlalu besar saat mulai investasi bitcoin. Sekedar info, pergerakan harian bitcoin itu bisa mencapai jutaan rupiah. Bisa saja saat kamu membaca tulisan ini, bitcoin sedang bernilai 75 juta rupiah. Besoknya, nilainya sudah 70 juta rupiah. Kamu tahu, kan, kalau cara mendapatkan untung dari investasi bitcoin itu seperti jual beli saham? Nah, oleh karena itu, kalau pun harganya turun dengan drastis dan modalmu habis, seenggaknya kamu tidak terlalu rugi.

Ikuti terus perkembangan harganya

Nilai bitcoin itu selalu bergerak setiap menitnya. Karena itu, kamu juga perlu memantau pergerakannya. Ada beberapa fitur yang bisa kamu pakai seperti bitcoin checker dan bitcoin ticker widget. Keduanya bisa memberikan pengingat apabila pergerakannya sudah mencapai nilai yang kamu inginkan. Setelah itu kamu putuskan, mau beli atau mau dijual.

Sisihkan sebagian untuk cloud mining

Supaya terhindar dari kerugian total akibat penurunan nilai bitcoin, kamu bisa memanfaatkan cloud mining. Cloud mining ialah proses penambangan bitcoin yang kamu lakukan secara online dengan satuan GHS. Dengan proses ini, kamu bisa mendapatkan keuntungan tambahan dari bitcoin ekstra hasil kamu menambang. Kalau sudah tidak dipakai, GHS-nya bisa kamu jual lagi lho.

Gunakan limit untuk proses beli dan jual

Kamu bisa mengatur limit nominal untuk jual beli Bitcoin. Dengan kata lain, proses beli atau jual, baru akan dilakukan secara otomatis pada saat nilai Bitcoin bergerak ke limit yang telah kamu tentukan sebelumnya. Kalau kamu tidak sempat memantau pergerakan Bitcoin secara real-time, cara ini bisa kamu manfaatkan, lho.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *