Mau Beli Rumah tapi Gaji Masih UMR ? Baca 3 Tips Ini !

uang-elektronik
Uang Elektronik

Siapa sih yang gak mau beli rumah? Saya yakin semua orang berkeinginan untuk punya rumah sendiri, bahkan tak hanya mereka yang sudah berkeluarga, yang masih lajang pun sudah banyak kok yang mulai berfikir untuk beli rumah sendiri.

Jika gaji kamu masih UMR, dengan range 3 juta per bulan, kamu bisa membeli rumah dengan harga dibawah 130 juta.

Atau kamu dapat cari rumah bersubsidi, atau jika tidak cocok membeli rumah secara subsidi, kamu dapat cari bank yang menyediakan program tabungan perumahan, KPR ringan, dan lain sebagainya.

Biar gak bingung, kamu boleh coba beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat merencanakan untuk beli rumah.

#1 Cari Informasi Terkait Rumah yang Kamu Inginkan

Carilah rumah yang sesuai dengan rencana kamu. Pastikan kamu mengetahui berapa harga rumahnya, berapa uang mukanya (DP) dan berapa cicilan setiap bulannya.

Untuk angsuran per bulan biasanya bank dihitung 30% dari gaji kamu, so kamu pun harus mencari yang angsuran per bulan yang sesuai dengan gaji.

Carilah rumah dengan tingkat kenyamanan yang cukup tinggi untuk ditempati jangan sampai kamu kecewa dengan rumah yang telah kamu beli nanti.

Setelah rumah tersebut kamu dapatkan, maka langkah selanjutnya adalah membayar DP yang bersumber dari tabungan setiap bulannya tadi. Terkadang di langkah ini, cukup banyak godaannya.

#2 Tentukan, Berapa Lama Lagi?

Buatlah target berapa lama lagi kamu ingin beli rumah? Misalnya 2 tahun lagi rumah tersebut harus kamu dapatkan.

Dengan adanya target, kamu bisa membuat langkah-langkah dan juga memastikan bahwa keinginan dan cita-cita bakal tercapai.

#3 Hitung Berapa Uang yang Harus Disiapkan Untuk DP

Bagian ini biasanya orang bingung, gak tau berapa uang yang harus disiapkan atau disisihkan perbulannya, ya minimal untuk mencapai DP saat beli rumah.

Contoh: dalam 1 tahun ini kamu siapkan uang untuk membayar uang muka atau uang dp. Misalkan dari pihak bank untuk kredit rumah mengharuskan anda membayar DP 20%, maka selama 1 tahun kamu harus menyiapkan uang berapa?

Kalo kamu masih bingung, kamu bisa hitung kok lewat aplikasi penghitung keuangan yang banyak tersedia di smartphone kamu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *